DOK. BOLA/MUHAMMAD BAGAS

Jonatan Christie, ingin menjadi juara sejati.
Jumat, 19 Mei 2017: 19.36 WIB

Wawancara Jonatan Christie: Menjadi Juara Bukan Tiba-tiba

Tabloid Bola

JUARA.net - Tim Indonesia yang turun di Piala Sudirman 2017 akan diperkuat dua pemain tunggal putra, yakni Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Penulis: Aprelia Wulansari

Bagi Jonatan Christie, Piala Sudirman 2017 adalah penampilannya yang kedua di ajang dua tahunan ini. Pemuda berusia 19 tahun yang duduk di ranking 28 dunia tersebut sebelumnya turun di Piala Sudirman 2015.

Dalam simulasi di pelatnas Cipayung, Jakarta, Sabtu (13/5), Jonatan berhasil menang atas Anthony, 5-21, 21-19, 21-16.

Akan tetapi, penampilan pemuda yang masuk dalam tim putra peraih gelar juara di Kejuaraan Asia 2016 ini terlihat belum maksimal.

Bagaimana persiapan Jonatan? Apakah dia mengalami kendala fisik? Berikut penuturan pemuda berpembawaan ramah ini kepada Tabloid BOLA sebelum tampil di Gold Coast, Australia, 21-28 Mei.

Jonatan, Anda bermain tak seperti biasanya ketika melawan Anthony. Apa yang terjadi?

Selama satu minggu terakhir (sebelum simulasi), pinggang saya sempat bermasalah. Jadi, saya harus istirahat selama satu-dua hari. Sekarang, saya memang merasa jauh lebih nyaman, tetapi saya tak mau memaksakan diri hari ini.

Selain itu, saya sekamar dengan Anthony di asrama (Pelatnas). Tentu dia tahu kondisi saya. Dia juga bermain cepat dan sangat bagus, tetapi saya terus berpikir untuk menembus permainan dia.

Apakah siap jika dipilih masuk line-up?

Kami sebagai pemain harus siap. Mental, teknik, dan stroke.

Indonesia berada di Grup 1D bersama Denmark dan India. Denmark memiliki Viktor Axelsen dan India mempunyai Ajay Jayaram.

Sebenarnya, kita masih berpeluang 50:50 dengan India, tetapi bukan berarti kita lebih mudah ketika melawan India. Karena itu, kita harus terus fokus.

Axelsen memang ranking tiga dunia, namun penampilan dia juga agak menurun. Dia juga belum stabil. Axelsen belum menang lagi sejak menjadi juara di India. Kesempatan ini bisa kita ambil. Demikian juga ketika melawan pemain India.

Pebulu tangkis tunggal putra nasional, Jonatan Christie, mengembalikan kok dari Son Wan-ho pada babak kedua Singapura Terbuka yang berlangsung di Singapore Indoor Stadium, Kamis (13/4/2017). Jonatan menang 21-15, 21-18
Pebulu tangkis tunggal putra nasional, Jonatan Christie, mengembalikan kok dari Son Wan-ho pada babak kedua Singapura Terbuka yang berlangsung di Singapore Indoor Stadium, Kamis (13/4/2017). Jonatan menang 21-15, 21-18
BADMINTON INDONESIA

Bagaimana dengan fokus Anda ketika menghadapi poin-poin penting?

Ya, jangan lengah. Saya harus menjaga fokus ketika berada di poin-poin penting. Tidak bermain terburu-buru karena saya sering ingin cepat mematikan lawan dan cepat menyelesaikan laga yang akhirnya bukan keuntungan untuk saya.

Anda belum lagi meraih gelar juara dan ranking dunia dilewati Anthony. Apa pendapat Anda?

Walau ranking kami bertiga selalu saling bertukar (Jonatan, Anthony, Ihsan Maulana Mustofa), saya tetap merasa belum apa-apa. Saya secara pribadi belum merasa puas. Saya masih jauh.

Ganda putra sudah menunjukkan prestasi dengan menjadi juara. Melecut motivasi kami dan para pelatih untuk mengejar juara. Memang kami belum menjadi juara super series. Selain itu, kami belum mendapatkan kepercayaan diri.

Kepercayaan diri seperti apa?

Dulu di pelatnas masih ada Tommy (Sugiarto), Simon (Santoso), dan Hayom (Rumbaka). Gelar-gelar juara yang mereka raih bisa menimbulkan kepercayaan diri dan menarik kemampuan kami.

Mereka sudah tak lagi di pelatnas. Apa yang sekarang dilakukan untuk menimbulkan kepercayaan diri itu?

Untuk meningkatkan kepercayaan diri, saya tidak berpikir mau cepat juara. Saya berpikir bahwa juara itu karena saya memang juara. Saya harus fokus latihan, tahu kelebihan dan kekurangan. Karena menjadi juara itu dirancang. Jadi, saya benar-benar seorang juara ketika saya menjadi juara., bukan tiba-tiba.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik :

Penulis: Tabloid Bola
Editor: Weshley Hutagalung
Sumber: Tabloid BOLA No. 2.769

TAG :

KOMENTAR

BERITA TERKAIT

VIDEO

TERKINI