Dok. PT LIGA INDONESIA BARU

Pemain produk asli Semen Padang yang kini jadi kapten skuat Kabau Sirah, Hengky Ardiles (dua dari kanan) saat membela timnya kontra PSM Makassar pada laga Liga 1 musim 2017 di Stadion H Agus Salim, 6 Juni 2017.
Senin, 19 Juni 2017: 19.42 WIB

Semen Padang Tiru Konsep Real Madrid untuk Pembinaan

Yosrizal

PADANG, JUARA.net – Semen Padang FC sedang tak maksimal di Liga 1 musim 2017. Namun, manajemen klub kebanggaan Sumatera Barat (Sumbar) punya rencana besar dan siap meniru raksasa La Liga, Real Madrid.

Semen Padang ingin meniru Real Madrid dalam hal pengembangan sekaligus pembinaan pemain muda. Juara 12 kali Liga Champions ini memiliki akademi sepak bola di beberapa negara.

Semen Padang juga punya rencana ke depan untuk membentuk akademi sepak bola pada beberapa kota di Indonesia.

Pilihan pertama Semen Padang adalah kota yang belum banyak akademi atau sekolah sepak bola (SSB). Sementara ini, bidikan manajemen klub berjulukan Kabau Sirah adalah Pekanbaru dan Batam.

”Perkembangannya akan terus dipantau. Kalau ia mampu menunjukkan kualitas bagus, kami akan ambil lagi."

CEO Semen Padang, Iskandar Lubis

Program ini juga mengacu kepada pasar semen produksi PT Semen Padang. Tetapi, mereka tidak akan mematikan SSB maupun akademi sepak bola yang ada di kota tersebut.

”Untuk tahap awal ini, kami merencanakan untuk membentuk akademi sepak bola di Pekanbaru,” kata CEO Semen Padang, Iskandar Lubis kepada JUARA.

”Program ini sedang dirancang dan disiapkan oleh bidang pengembangan usia dini (youth development) PT Kabau Sirah Semen Padang,” tuturnya di kantor KSSP Indarung.

Bahkan, manajemen Semen Padang juga merencanakan semacam agensi untuk menyalurkan para pemain binaan, selain untuk kebutuhan mereka.

”Ini salah satu program yang tengah kami siapkan. Para pemain yang kami punya akan dicarikan klub atau dititipkan di tim lain,” ucap Iskandar.

”Perkembangannya akan terus dipantau. Kalau ia mampu menunjukkan kualitas bagus, kami akan ambil lagi. Kalau tidak, anggap saja ini program kepedulian Semen Padang,” ucapnya.

Program ini juga selaras dengan pemasaran produk PT Semen Padang di beberapa kota tertentu.

Selain menjadi sasaran pasar, Semen Padang juga memberikan kontribusi kepada kota atau provinsi tersebut dalam hal pembinaan sepak bola usia muda.

Jika program ini sudah berjalan normal, klub ini kelak akan memakai produk sendiri.

Hal ini juga sudah menjadi program di Inggris, di mana setiap klub pro di negara tersebut lebih mengutamakan pemain sendiri.

Penulis: Yosrizal
Editor: Estu Santoso

TAG :

KOMENTAR

BERITA TERKAIT

VIDEO

TERKINI